Silat PB.Sinar Perak

Posted by Unknown 14 Mei 2013 0 komentar
Perguruan Beladiri Sinar Perak mengajarkan kepada murid-muridnya silat, gerakan-gerakan yang ditujukan untuk melindungi diri dari serangan lawan.
Selain Silat Tangan Kosong, PB. SInar Perak juga mengajarkan penggunaan senjata, mulai dari ruyung, toya, tombak, pisau, samurai, pedang, golok dan lain lain. Tetapi dikarenakan kebijakan perguruan yang dikembangkan dan dilatihkan hingga sekarang adalah hanya pedang samurai katana (pedang ninja jepang).

Silat Tangan Kosong, ada beberapa tingkatan yaitu:

1. Silat Dasar, diajarkan kepada murid mulai tingkat III

2. Banyumili Dasar, diajarkan kepada murid tingkat V keatas.
Dinamakan Banyumili karena filosofinya adalah air mengalir, jadi gerakan-gerakan yang diajarkan adalah bagaimana mengunci lawan hingga tak berkutik, apabila lawan akan mengunci kita maka kita akan bergerak terus dalam upaya melepaskan kuncian lawan dan kemudian balas mengunci sehingga lawan tidak dapat bergerak lagi. Walau terlihat sederhana tapi hasil akhirnya adalah melepas dan mematahkan tulang lawan.

3. Banyumili Tingkat Lanjut, hanya diajarkan kepada Asisten Pelatih.

4. Pati, hanya diajarkan kepada Asisten Pelatih yang lulus seleksi.
Dinamakan Pati karena memang tujuannya adalah untuk membunuh (membuat pati) lawan, dan hanya diperbolehkan dipergunakan ketika nyawa yang bersangkutan menjadi taruhannya.
Oleh karenanya tidak semua Asisten Pelatih diperbolehkan mempelajarinya, hanya Asisten Pelatih pilihan yang telah lulus seleksi ujian mental dan ujian pengendalian emosi yang diperbolehkan mempelajarinya, dimana seleksi itu dilakukan sendiri oleh Guru Besar PB. Sinar Perak.

5. Sepuluh Jari Pembunuh, hanya diajarkan kepada Asisten Pelatih Terpilih.

Dinamakan seperti itu karena memang filosofinya bagaimana hanya dengan jari tangan saja, kita bisa melumpuhkan bahkan membunuh lawan.
Dan dari Asisten Pelatih yang telah terseleksi masuk tingkat Pati masih akan diseleksi lagi secara ketat oleh Guru Besar PB. Sinar Perak, jadi dari ratusan Asisten Pelatih yang ada dan tersebar diseluruh nusantara, hanya ada belasan Asisten Pelatih yang bisa mempelajarinya.

Silat dengan Senjata

Sebetulnya banyak jurus-jurus menggunakan berbagai senjata yang dipelajari di PB. Sinar Perak, semua senjata bisa dimainkan, termasuk didalamnya ada Jurus Pedang Terbang dimana Pedang yang dipergunakan bisa digerakkan dan diarahkan tanpa sipengguna menyentuhnya secara langsung, akan tetapi karena sangat berbahaya dan sangat mematikan maka jurus ini tidak pernah diajarkan oleh Guru Besar dan hanya beberapa orang saja yang beruntung pernah melihat demo jurus ini.

Sekarang ini hanya pedang samurai katana (pedang ninja jepang) saja yang diajarkan diperguruan ini dibawah pengawasan langsung oleh Guru Besar dan untuk sementara ini hanya Asisten Pelatih saja yang bisa mempelajarinya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Silat PB.Sinar Perak
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sinarperakmalang.blogspot.com/2013/05/silat-pbsinar-perak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TEMPLATE CREDIT:
Tempat Belajar Akhlak Mulia Klik Di Sini - Travel Site Klik Di Sini - Original design by Bamz | Copyright of PB. Sinar Perak Cab. MALANG.